Tidur Qailulah Meski Tidak Shalat Tahajud - Benteng Liberal

Latest

Rabu, 13 Januari 2021

Tidur Qailulah Meski Tidak Shalat Tahajud

qoilullah - http://www.bentengliberal.eu.org/
Mungkin masih banya bagi kita sebagai umat muslim dengan definisi qoilulah, hailulah dan ailulah, sedikit saya uraikan dibawah ini:

1.    Qoylulah

Qoilulah dari segi bahasa dapat diartikan tidur sebentar sebelum masuknya sholat Zdhuhur, tapi juga ada beberapa pernyataan berbeda tentang qoilulah sendiri, ada yang berasumsi bahwa qoilulah merupakan tidur siang, disisi lain bukan harus tidur, melainkan istirahat di waktu siang hari bisa dikatakan qoillah.

2.    Ailulah

Untuk ailulah sendiri merupakan tidur setelah sholat ashar, tidur setelah sholat ashar ini atau dapat dikatakan ailulah juga di larang, karena dapat mendatangkan beberapa penyakit, seperti murung, gelisah, dan nafas sesak.

3.    Hailulah

Hailulah merupakan tidur setelah sholat subuh, tidur setelah subuh memang dilarang, karena dapat menyumbat datangnya rizqi dari Alloh yang diberikan pada waktu pagi hari. Dalam masalah hailulah Rosululloh pernah memberi warning ““Apabila kamu telah selesai shalat Subuh janganlah kamu tidur tanpa mencari rezeki.”(HR. Thobroni).

Nah, diatas sudah dijelaskan pengertian dari Qoilulah, hailulah dan ailulah, yang di sunahkan hanya qoilulah, selain qoilulah semuanya merupakan larangan.

 

Tidur Qailulah Meski Tidak Shalat Tahajud?

Sebenarnya dalam permasalahan qoilulah di dalam beberapa redaksi kitab salaf juga tidak terdapat tuntutan untuk melaksanakan sholat, yang ada adalah kesunahan qoilulah atau tidur sebentar sebelum masuknya misal sholat zduhur atau sebelum sholat tahajud. Hal itu dijelaskan pada الإقناع للشربيني (1/ 116) dibawah ini:

الإقناع للشربيني (1/ 116)

ويسن للمتهجد القيلولة وهي النوم قبل الزوال وهي بمنزلة السحور للصائم لقوله صلى الله عليه وسلم استعينوا بالقيلولة على قيام الليل رواه أبو داود

“bahwa disunahkan bagi seorang yang berkehendak melaksanakan sholat tahajud untuk tidur sebentar, qoilulah terebut digambarkan seperti halnya waktu sahur ketika bagi orang yang ingin berpuasa”

Dalam redaksi kitab lain juga di jelaskan bahwa tidur qoilulah atau tidur sebentar sebelum masuknya waktu zdhuhur atau sebelum melakukan sholat tahajud itu merupakan kesunahan, meski tidak sholat.

مراقي العبودية

آداب الاستعداد لسائر الصلوات. ينبغي أن تستعد لصلاة الظهر قبل الزوال، فتقدم القيلولة إن كان لك قيام في الليل أو سهر في الخير، فإن فيها معونة على قيام الليل كما أن في السحور معونة على صيام النهار، والقيلولة من غير قيام بالليل كالسحور من غير صيام بالنهار.

فيض القدير

وَعَمَلُ السَّلَفِ وَالْخَلَفِ عَلَى أَنَّ الْقَيْلُولَةَ مَطْلُوبَةٌ لِإِعَانَتِهَا عَلَى قِيَامِ اللَّيْلِ قَالَ حُجَّةُ الْإِسْلَامِ: وَإِنَّمَا تُطْلَبُ الْقَيْلُولَةُ لِمَنْ يَقُومُ اللَّيْلَ وَيَسْهَرُ فِي الْخَيْرِ فَإِنَّ فِيهَا مَعُونَةً عَلَى التَّهَجُّدِ كَمَا أَنَّ فِي السَّحُورِ مَعُونَةً عَلَى صِيَامِ النَّهَارِ فَالْقَيْلُولَةُ مِنْ غَيْرِ قِيَامِ اللَّيْلِ كَالسَّحُورِ مِنْ غَيْرِ صِيَامِ النَّهَارِ

مغني المحتاج

ويسن للمتهجد القيلولة، وهو النوم قبل الزوال، وهو بمنزلة السحور للصائم لقوله (ص): استعينوا بالقيلولة على قيام الليل رواه أبو داود وابن ماجة.

Tidur qoilulah termasuk malan-amalan para salafus sholih terdahulu, mereka selalu melakukan qoilulah baik sebelum masuknya waktu dzhuhur ataupun sebelum melakukan sholat tahajud. Karena qoilulah itu merupakan maunah atau dapat memeberi kenikmatan tersendiri ketika melaksanakan sholat tahajud ataupun puasa.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar